TMMIN Sedang Menguji Sienta Hybrid

Berbeda dengan Indonesia, Toyota Sienta di Jepang selain punya pilihan mesin bensin, tersedia juga varian hibrida. Varian yang lebih ramah lingkungan itu mendapatkan sambutan positif dari masyarakat negeri Matahari Terbit itu.

Ketertarikan konsumen terhadap versi hibrida cukup besar dengan menyentuh 39,2 persen dari total penjualan Sienta di Jepang. Alasan begitu diminati, karena efisiensi bahan bakar minyak (BBM), hingga pembeli mendapatkan keringanan pajak sekitar 70.000 yen dibanding tipe mesin konvesional.

Toyota Astra Motor (TAM) yang juga memasarkan Sienta (bensin) di Indonesia, pernah menyatakan ketertarikan untuk menjual varian hibrida.

Sebab, jika bicara kemampuan cukup mumpuni karena MPV 7-penumpang dengan pintu geser itu sudah diproduksi di dalam negeri oleh Toyota Motor Manufacturing Indonesia ( TMMIN) di Karawang, Jawa Barat.

Sepertinya, semua itu bakal menjadi kenyataan. Belum lama ini KompasOtomotif berhasil mengabadikan gambar Sienta Hybrid di jalan raya yang sedang digendong (towing).

Rasa penasaran KompasOtomotif muncul setelah melihat Sienta berkelir oranye itu punya ground clearance lebih pendek dibanding versi biasa. Satu lagi, di bagian belakang terdapat emblem bertuliskan “Hybrid Synergy Drive”.

Ketika dikonfirmasi, Direktur Teknikal TMMIN Yui Hastoro tidak mengelak kalau memang sedang melakukan pengujian di Indonesia. Namun, menurut dia sudah dilakukan beberapa waktu lalu.

“Kita sengaja beli (impor) dari Jepang untuk Sienta Hybrid itu untuk kebutuhan studi,” kata Yui saat dihubungi KompasOtomotif, Minggu (15/10/2017) siang.

Hasil Studi

Namun, Yui belum bisa menginformasikan bagaimana hasil studi. Dia hanya bisa membocorkan masih ada yang perlu disesuaikan dengan kondisi jalanan di Indonesia.

“Misalnya posisi batrai yang masih di bawah, kalau kita pakai itu takut kena banjir. Seperti itu yang kita pelajari dulu dari hasil studi itu. Selebihnya belum bisa bicara banyak lagi,” ujar Yui.

Sienta awalnya memang direncanankan menjadi model hibrida pertama yang diproduksi TMMIN di Indonesia. Sebagai model MPV, Sienta dianggap ideal untuk dirakit di Tanah Air, namun dengan catatan perlu ada insentif atau perlakuan khusus untuk mobil jenis hibrida.

Sumber KOmpas Otomotif

Leave a Reply